Selasa, 05 Januari 2010


VW Kodok, atau resminya VW Type 1, adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh volkswagen. Juga dikenal dengan Beetle atau Bug dalam bahasa Inggris, atau Käfer dalam bahasa Jerman, WV Kodok merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya. VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat terhenti oleh Perang Dunia II. Pada rentang masa yang panjang ini, lebih dari 21 juta VW Kodok telah dibuat.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk perawatan ringan VW kodok kesayangan kamu. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu:

  1. Usahakan jangan mencuci kendaraan pada sore atau malam hari, air akan lebih lama kering karena udara lembab yang mengakibatkan besi cepat mengalami kropos/korosi.
  2. Usahakan sendi-sendi/engsel pintu, kap bagasi, kap mesin selalu diberikan pelumas secukupnya. Paling tidak 1 bulan sekali. Bersihkan karet kaca dan sudut dari karet kaca tersebut 1 bulan sekali, jika perlu gunakan bahan / semir khusus karet.
  3. Lakukan pemeriksaan oli mesin sebelum menghidupkan mesin
  4. Lakukan penggantian oli mesin setiap 3000km.
  5. Lakukan tune-up minimal 10.000 kilometer atau 6 bulan sekali.
  6. Perawatan kendaraan disarankan pada bengkel khusus Volkswagen yang telah mempunyai
    reputasi baik atau sudah kita kenal.
  7. Tank bensin tidak dibenarkan sampai kosong, sebab akan menimbulkan kotoran dan
    masuk kesaringan bensin, isilah bensin sebelum habis.
  8. Gantilah filter bensin setiap tune-up atau ganti jika sudah banyak kotoran pada
    kotoran saringan tsb.
  9. Penggantian suku cadang sesuai instruksi dari mekanik.
  10. Tidak ada penggantian suku cadang rutin yang diharuskan pada mesin.
  11. Tipe air cooling yang umum dipakai di Indonesia: * Tipe 1 VW 1200, 1300, 1500, 1302 dan type 1303.* Tipe 2 VW Kombi Germany, Kombi Brazil, Transporter, Pick-Up, Double
    Cabin, dan VW Dakota. * Tipe 3 Sedan, Station wagon, VW Variant (Bangkok)* Tipe 4 VW 411 dan VW 412* Tipe 1 VW Karmann Ghia dan type 3 VW Karmann Ghia* Tipe 1 VW Safari (Think)
  12. Ada lebih dari 19 tipe kendaraan VW air cooler
  13. Untuk mengetahui kondisi chasis masih baik atau tidaknya, periksalah pada bagian kolong depan dan belakang, dan perhatikan pada titik-titik tertentu misalnya pada bagian axle beam (breh) depan apakah ada yang keropos atau retak pada sisinya dan demikian juga pada bagian
    belakang seperti dudukan as torsy dan diagonal. Jika sudah ada gejala keropos dan retak, besar kemungkinan tidak lama lagi chasis akan patah dan posisi kendaraan bisa berubah (miring).
  14. Dalam perawatan rutin, lakukan stempet pada bagian axle beam (ada) 5 titik yang harus distempet/dilumasi dengan pelumas untuk jenis kendaraan VW kombi keluaran Jerman, sedangkan VW kombi produksi Brasil ada 13 titik (nepel). Sementara VW kodok yang menggunakan Kin-pin, ada 8 titik (nepel) untuk bagian belakang, bukan perawatan rutin.
    Untuk penggantian suku cadang, bagian kaki-kaki yang relatif rusak saja yang harus diganti.

Saran-saran di atas merupakan kutipan dari Mobilaku.com,ini penting untuk di ketahui setelah membeli vw kodok anda. Bagaimana untuk merawatnya dengan baik, perlu diperi penuh kasih sayang. Oke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar